Saturday, March 21, 2015

TIPS MUDAH DALAM MERAWAT SMARTPHONE ANDROID SUPAYA AWET

ismail saja

Bagi para pengguna smartphone android ada beberapa tips mudah dalam merawat gadget android anda semakin awet dalam penggunaannya. Serta menginginkan kinerja android tetap terjaga dengan baik serta awet dalam pemakainnya, maka harus yang perlu diperhatikan dalam hal perawatannya. Perawatan itu sendiri bukanlah hal yang sulit bahkan banyak manfaat yang dipetik, sementara itu dalam merawatnya tak memerlukan dana yang besar tetapi malah dapat menghemat biaya yang lebih besar bahkan dapat memperkecil kerusakan yang lebih besar pada perangkat android itu sendiri.


tips-mudah-merawat-smartphone-android
Adapun tips yang sangat mudah dalam merawat smartphone android diantaranya adalah:

 1. Membersihkan layar LCD yang Kotor 
Dalam hal ini smartphone android sangat identik dengan layar sentuh atau Touchscreen, kotoran mengendap pada layar justru akan berdampak pada tergoresnya layar (jika tidak memakai anti gores), jika hal itu dibiarkan berlarut-larut maka itu dapat merusak kinerja LCD. Sementara itu langkah yang dapat di lakukan adalah dengan membersihkanna dengan cara teratur yakni menggunakan tissue atau menggunakan kain yang halus.

 2. Berhati-hati dalam mengecas handphone (Charge) 
Baterai adalah masalah utama yang tidak jarang ditemukan pada semua ponsel. Pada umumnya handphone menggunakan baterai lithium, sehingga memerlukan perhatian khusus. Tidak sedikit orang-orang yang tidak memperhatikan yakni dalam hal pengecasan baterai lithium sehingga akibatnya baterai tidak bertahan lama. Adapun hal-hal yang patut untuk diperhatikan supaya baterai bisa bertahan lebih lama.

  1. Tidak terlalu sering dalam mengisi baterai
  2. Jangan biarkan kondisi batrai benar-benar kosong 0% (sedangkan standar dalam pengisian adalah 30% sebelum batrai benar-benar habis).
  3.  Segera cabut apa bila pengecasan sudah-benar-benar keadaan baterai sudah penuh, jangan biarkan terlalu lama mengecas hal itu bisa berakibat pada batrai yang drop.
  4.  Jagalah suhu aman baterai, dengan standar adalah 45% .
  5.  Pergunakan charger yang sesuai dengan spesifikasi baterai dari handphone. 

3. Pilih Aplikasi yang bermanfaat.
Banyaknya aplikasi yang terlalu penuh hal itu juga bisa berdampak pada RAM (Random access memory). Akibat terlalu banyaknya aplikasi maka hal itu dapat memperberat kinerja RAM android, dan handphone dalam memproses aplikasi akan terasa berat dan lambat. Maka dari itu cukup pergunakan aplikasi yang benar-benar bermanfaat dan tepat guna dalam pemilihannya.

 4. Pergunakan CClenar
Pada perangkat android sama halnya dengan komputer, banyak cache yang dapat menghambat kinerja Android. Maka yang perlu dilakukan adalah dengan memasang aplikasi CCleaner bisa di unduh di Google Play. Dengan membersihkan cache secara teratur dapat membuat kinerja android tetap stabil.

 5. Memasang Anti Virus 
Virus tidak hanya menyerang komputer tetapi android pun sama halnya dengan komputer dapat terjangkit virus dan perlu di ingat setiap perangkat canggih pasti dapat terserang oleh virus. Pilihlah antivirus  yang benar-benar terpercaya dan recomended dalam menggunakannya.

 6. Tidak berlebihan dalam memakainya
Gadget juga sama halnya dengan perangkat eletronik lainnya yakni membutuhkan jeda waktu untuk rehat, mempergunakannya secara berlebihan itu justru akan memperpendek usia dari gadget android tersebut, maka dari itu lebih dianjurkan untuk menggunakannya pada moment-moment tertentu dalam mengisi waktu senggang.

Demikianlah Tips singkat dan mudah dalam merawat smartphone android, mungkin itu hanya sekelumit kecil tips yang disampaikan masih banyak tips-tips lainnya yang bertebaran di internet, semoga bermanfaat

1 comments:

  1. Bermanfaat bgt nih bro,,, soalnya sya punya android :D Thanks infonya

    ReplyDelete