Sunday, March 30, 2014

CARA MENGUKUR DAN MENGETAHUI KECEPATAN LOADING BLOG

ismail saja

cara-mengukur-kecepatan-loading-blog


Blog yang lambat dalam loading cukup menjemukan terlebih bagi yang
memiliki tak banyak waktu, akibat dari lamanya loading blog justru itu merugikan bagi pemilik blog itu sendiri, kenapa bisa demikian? Menunggu adalah hal yang menjemukan, untuk memaksimalkan waktu lebih efektif maka pembaca akan lebih memilih blog yang loadingnya lebih cepat dibandingkan blog yang informasinya lebih akurat namun blog tersebut lelet bak siput dalam menampilkan informasil.

Baca juga : Cara membuat loading blog menjadi lebih cepat

Lantas bagi para blogger cara untuk mengukur kecepatan loading blog tak perlu risau saat ini bertebaran tool online yang menawarkan kemudahan para blogger untuk mengetes blognya apakah blog tersebut lambat atau cepat dalam loadingnya. Banyak faktor yang mempengaruhi kecepatan loadaing blog tersebut diantaranya besarnya gambar dengan format yang memberatkan atau script yang tak tertata rapi diantaranya. Untuk gambar bisa dikompress menggunakan program PNGGautlet program kecil yang berguna untuk mengkompress file gambar menjadi format PNG.

Dan bila blog kalian berat kalian bisa ke sini

Ada beberapa dan banyak sekali webtools seperti mungkin saya kasih tau yang pamiliar saja :
. Google Page Insight
    Tool milik google meneliti dengan akurat tingkat error struktur css pada blog

2. Gtmetrix :
    Tool ini sangat bermanfaat dalam mengecek kecepatan loading blog kita
3. Pingdom
    Pingdom merupakan tool yang mempunyai fitur lumayan komplit dan rinci. Tool inimenampilkan  grafik  tentang lamanya loading dari semua objek link yang ada dalam blog kita
    Yang ini hasilnya akan lebih komplit lagi, kita dapat mengetahui seberapa cepat waktu loading sebuah           website apabila diakses menggunakan 6 kecepatan koneksi internet. Hasil tes juga disertai dengan analisis     website yang dapat dipakai sebagai acuan untuk optimasi website lebih lanjut.
    Tinggal masukan URL Blog , klik Submit nanti akan tahu seberapa berat Sizze nya (KB) dan berapa lama     loadingnya (seconds).

Caranya cukup mudah :
-  Copy URL blog
-  Selanjutnya biarkan webtools yang menganalisis hingga menunjukan hasilnya .

Demikian lah cara-cara untuk mengukur dan mengetahui kecepatan loading blog, semoga dengan sedikit paparan diatas membantu para blogger pemula seperti saya dalam menambah wawasan dalam dunia blogging.

2 comments: