Monday, March 31, 2014

CARA BELAJAR KOMPUTER BAGI PEMULA YANG WAJIB DIKETAHUI

ismail saja


Teknologi terus berkembang dari waktu ke waktu, seiring dengan itu pula kita dipaksa harus bisa menyesuaikan dengan keadaan serta mengikuti perkembangan jaman yang kian pesat, kenapa musti demikian karena jika kita tidak ingin tertinggal dengan peradaban maka mau atau tidak harus bisa menyesuaikannya.


Baca juga : Tips merawat komputer dengan baik
cara-belajar-komputer-untuk-pemula
Kini siapa yang tak mengenal komputer dengan beragam manfaatnya, bisa berbentuk komputer jinjing atau yang lebih dikenal dengan notebook ( laptop ) maupun berbentuk dekstop. Produk-produk dari perusahaan eletronik kenamaan ikut meramaikan dengan beragam kelebihannya. Tetapi tidak semua orang bisa mengenal dan memiliki komputer maka dari itu sedikit tips cara belajar komputer bagi pemula yang wajib untuk diketahui khususnya yang sama sekali belum mengenal komputer.
  1. Memiliki laptop atau komputer pribadi.  Memiliki kedua perangkat tersebut bukanlah hal yang wajib, namun jauh lebih baik apabila mempraktekan ilmu yang sedang dipelajari pada komputer/ laptop pribadi, terlebih jika belajar komputer diwarnet kita harus bolak-balik menyambangi warnet atau komputer milik teman. Selain itu juga waktu belajar akan jauh lebih efektif.

  2. Kemauan serta niat yang bulat. Dengan adanya kemauan atau semangat yang mendorong untuk belajar dan belajar mengenai hal-hal yang baru diantaranya mempelajari komputer maka niat dan kemauan menjadi point yang tak kalah penting. Karena tanpa ada kemauan serta niat dan tekad yang bulat, maka belajar komputer hanya akan menjadi wacana.

  3. Mengenali perangkat komputer/ laptop. Mengenali perangkat yang dipergunakan sebagai media untuk belajar sangat disarankan, baik deri segi fungsi-fungsinya dan tak kalah pentingnya adalah bisa cara menghidupkan dan mematikan kedua perangkat tersebut dengan prosedur yang tepat. Sebagai contoh mengetahi tombol untuk menghidupkannya serta shutdown ( mematikan komputer melalui system oprasi ) dengan langkah yang benar karena mematikan komputer dengan cara menekan tombol yang sama ketika menghidupkan perangkat justru akan memperpendek usia perangkat tersebut. Jadi mengenali hardware ( perangkat keras atau perangkat fisik ) dan software ( perangkat lunak atau program dan system yang berjalan pada hardware ) harus memahami fungsinya dengan benar.

  4. Mengetahui System Oprasi yang dipergunakan. Setelah mengenali fungsi-fungsi komputer/ laptop pada point 3, maka mengetahui system operasi yang dipergunakan menjadi bagian yang musti dipahami. Saat ini system oprasi atau dalam kata lain software atau perangkat lunak yang berjalan Sistem-sistem komputer diantaranya OS ( operation system ) Windows yang berbayar serta system oprasi yang tak berbayar Linux, namun selain itu pula salah satu produk yang menggunakan system oprasi tersendiri adalah apple dengan mac OSnya, diantara system operasi yang paling rentan terjangkit virus hanya windows sementara dua OS laiinya hampir mustahil terserang virus.

  5. Mempraktekan ilmu komputer yang dipelajari. Dengan mempraktekan ilmu yang dipelajari hal itu akan menunjang kerberhasilan dalam belajar, sebab ilmu yang didapat pada kursus-kursus komputer hanya dengan waktu yang terbatas maka waktu belajarpun takkan full, maka point 1 sangat lah penting.

Teruslah belajar dan belajar karena dengan belajar tak ada yang rugi dalam menambah wawasan serta memanfaatkan kesempatan dengan baik. Demikianlah uraian singkat perihal cara belajar komputer bagi para pemula yang wajib untuk di ketahui. Jika masih banyak kekurangan mhon maaf atas segala kekurangannya

2 comments:

  1. Wah kebetulan keponakan lg nyari artikel tentang dasar2 komputer gan, ijin copas ya

    ReplyDelete
  2. wah nambah ilmu nih gan, btw terima kasih banyak yah :)

    ReplyDelete