Sunday, March 30, 2014

TIPS MERAWAT KOMPUTER DENGAN BAIK YANG WAJIB DIKETAHUI

ismail saja


Performa komputer yang lambat disertai suara yang bising hal tersebut merupakan kejadian sangat tidak diharapkan bagi penggunanya, namu semua itu tidak terlepas dari perawatan komputer dengan langkah yang tepat atau tidak. Contoh kecil dimana komputer kita kotor baik dari segi kebersihan dalam CPU atau banyaknya software yang tidak dikenal terpasang pada system oprasi kita, selain itu banyaknya virus yang memenuhi tiap partisi pada hardisk hal itu menjadi hal yang sangat mengganggu jika tidak ditangani dengan serius maka lambat laun komputer tersebut bisa mengalami kerusakan fatal. Maka dari itu perawatan komputer harus benar-benar diperhatikan.

Baca juga : cara mudah download video dari youtube

tips-dalam-merawat-komputer-yang-wajib-diketahui
Adapun tips-tips dalam merawat komputer dengan baik yang wajib diketahui antara lain:
  1. Periksa kebersihan CPU dari debu dan kotoran, maka seringlah mengecek kebersihan CPU. Sebab jika didalam CPU yang tidak terjaga kebersihannya, hal tersebut bisa mengganggu proses berjalannya komputer dengan baik.

  2. Lakukan defragmenter pada hardisk anda secara berkala, untuk menjaga hardisk kita tetap terjaga performanya dengan baik. Dengan cara mengklik Start pada komputer dan pilih pada bagian All Programs > Aaccessories > System Tool > Lalu pilih yang bertulisan Disk Defragmenter.

  3. Bersihkan Recycle Bin atau file-file sampah secara rutin. Hal itu bermaksud agar suatu saat apabila masih membutuhkan dapat mengembalikannya lagi.

  4. Unistall atau buang program yang tidak dipergunakan, karena malware rentan menempel pada program-program yang tidak kita kenal ikut serta terinstall pada saat menginstall program yang kita butuhkan, menggunakan tool revouninstaller portable sangat dianjurkan terlebih profram freeware tersebut menawarkan tool yang dapat dipergunakan dalam merawat system komputer ( CPU ) .

  5. Instal program antivirus dan update lah secara berkala untuk dapat mengenali virus-virus baru, serta scan komputer minimal satu bulan sekali.

  6. Lebih baik jika komputer tersebut dalam ruangan dengan pendingin ruangan ( AC ), tetapi hal itu juga dapat diatasi dengan beberapa fan yang terpasang dalam CPU untuk mengurangi panas yang ditimbulkan oleh komputer. Khusus laptop menggunakan fan pendingin, saat ini sudah banyak bertebaran baik secara online maupun ditoko-toko penjual perlengkapan komputer

Demikianlah ulasan  tips singkat dalam merawat komputer yang baik dan wajib untuk diketahui, jika masih banyak kekurangan informasi yang dipaparkan harap tinggalkan comment guna mengupdate informasi supaya menjadi lebih informatif lagi.

2 comments: